close
   
               
Skip to main content

5 Cara Menghasilkan Uang Lewat Blog

5 langkah menghasilkan uang dari blog




Kali ini saya akan membahas tentang
langkah-langkah untuk bisa menghasilkan uang dari blog. sebetulnya sama sekali tidak susah, hanya saja prosesnya membutuhkan kesabaran serta ketekunan tingkat tinggi dan niat yang sungguh- sungguh dalam membuat blog

Setidaknya ada 5 langkah yang perlu kalian lewati. Langkah-langkah tersebut adalah:

1. Menentukan topik dan target pembaca blog :


Langkah pertama adalah menentukan topik dan juga target pembaca blog.

Sebelum kalian membuat sebuah blog, kalian harus menyiapkan topik apa yang akan dibahas di blog sobat dan juga sudah menentukan siapa target peminat blog kalian.


2. Membuat sebuah blog :


Setelah menemukan topik blog yang cocok, langkah berikutnya tentu saja mulai membuat sebuah blog.
Hanya memiliki blog saja belum cukup untuk bisa menghasilkan uang. Berikutnya kalian perlu mengisi blog dengan konten-konten yang berkualitas.

Tanpa konten berkualitas blog kalian tidak akan ada pengunjungnya. Memiliki pengunjung blog yang banyak adalah salah satu kunci kesuksesaan sebuah blog.


4. Mempromosikan blog :


Saat ini jumlah blogger di Indonesia sudah sangat banyak yang artinya persaingan akan semakin ketat.

Hanya bermodalkan konten berkualitas saja belum cukup untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung, sobat juga perlu mempromosikan blog sobat.


5. Menentukan metode monetisasi yang tepat :



Nah yang terakhir adalah proses memanfaatkan blog yang sudah dibangun dengan susah payah supaya bisa menghasilkan uang.

Proses ini biasa disebut “monetisasi blog“, atau bahasa Indonesianya “menguangkan blog”

Ada banyak sekali metode monetisasi yang bisa dilakukan, sobat harus bisa menemukan metode yang tepat untuk blog sobat karena tidak semua blog cocok untuk dimonetisasi dengan cara yang sama.

Cara menghasilkan uang dari blog terpopuler :

Di bawah ini adalah daftar metode monetisasi paling populer yang sering digunakan para blogger untuk menghasilkan uang dari blognya.

Sebagian besar metode monetisasi di bawah ini sudah pernah saya lakukan, tapi ada beberapa yang saya pribadi belum pernah mencobanya.

Tapi yang jelas metode monetisasi di bawah ini adalah metode-metode yang sudah terbukti.

1. Pasang Iklan

Yang pertama adalah yang paling populer di antara yang paling populer, yaitu dengan memasang iklan di blog.

Untuk memonetisasi blog dengan iklan ada dua jalan yang bisa sobat pilih.

Pertama adalah dengan mendaftar ke program Advertising Networks atau jaringan periklanan.

Kedua adalah dengan menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog sobat atau biasa disebut sebagai Direct Advertising.

Advertising Networks

Advertising Networks atau jaringan periklanan adalah sebuah program layanan yang mengubungkan antara pemasang iklan dengan para pemilik website atau blog.

Nah jika ingin menghasilkan uang dari program seperti ini, sobat hanya perlu mendaftar ke program jaringan periklanan tersebut, setelah itu nanti sobat akan diberikan sebuah kode iklan yang perlu dipasang di blog.

Penghasilan yang didapatkan biasanya dihitung setiap kali ada orang yang ngeklik iklan di blog sobat atau biasa disebut PPC (Pay Per Click).

Salah satu program Advertising Networks yang paling populer di Indonesia adalah Google AdSense.

Direct Advertising

Berbeda dengan Advertising Networks, Direct Advertising adalah metode dimana sobat menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog sobat.

Kelebihan metode ini adalah penghasilan blog sobat bisa jauh lebih tinggi karena iklan yang terpasang di blog tidak melalui perantara pihak ketiga.

Harga pemasangan iklan sendiri bervariasi, umumnya menyesuaikan dengan jumlah dan kualitas dari pengujung blog.

Meskipun sobat bisa mendapatkan hasil yang lebih tinggi, tapi cara ini bisa dibilang tidaklah mudah. Alasannya karena sobat harus bisa mencari calon pemasang iklan yang bersedia untuk beriklan di blog sobat.

2. Paid Review

Paid review atau paid posts adalah metode monetisasi dimana kita mendapatkan penghasilan dengan mereview produk atau jasa milik orang melalui postingan di blog kita.

Baca Juga

Pada dasarnya nggak ada bedanya dengan Direct Advertising, hanya bedanya jika Direct Advertising iklannya berupa sebuah banner iklan, sedangkan paid review iklannya dalam bentuk postingan review.

Salah satu blogger Indonesia yang cukup sukses menerapkan metode monetisasi ini adalah Priangga pemilik blog www.priangga.web.id.

3. Jualan produk sendiri

Menjual produk sendiri merupakan salah satu metode monetiasi blog terbaik yang bisa dilakukan. Alasannya karena dengan menjual produk sendiri sobat bisa mendapatkan penghasilan berkali-kali lipat lebih besar ketimbang menggunakan metode monetisasi yang lain.

Jika menggunakan metode ini bisa dibilang sobat tidak menghasilkan uang dari blog secara langsung, karena penghasilan yang sobat dapatkan adalah dari hasil berjualan. Sedangkan fungsi dari blog yang sobat kelola nantinya hanya sebagai tempat untuk mempromosikan produk yang sobat jual.

Memang apaan yang bisa dijual lewat blog ?

Produk yang bisa dijual lewat blog terbagi menjadi dua jenis.

Yaitu produk fisik dan produk digital.

Untuk produk fisik hampir apa saja bisa dijual lewat blog. Tapi tentunya produk yang dijual harus sesuai dengan topik blog sobat.

Misalnya blog sobat membahas tentang burung, maka sobat bisa menjual obat burung.
Misalnya blog sobat membahas tentang motivasi, sobat bisa menjual buku motivasi.
Misalnya blog sobat membahas tentang gadget, sobat bisa berjualan gadget.
Dan lain sebagainya
Sedangkan untuk produk digital yang bisa dijual lewat blog biasanya produk-produk seperti:

Ebook (Buku Elektronik)
Video
Audio
Software
Theme Website
Plugin
Desain gambar
dll.

Comments

Popular posts from this blog

pengertian apakah itu Pop Ads ??

Pengertian tentang Pop Ads Pop Ads adalah iklan yang langsung muncul di tampilan blog, iklan itu akan muncul jika kita mengunjungi sebuah blog, Pop Ads sering di bilang spam/sampah ketika kita mengunjungi sebuah blog, tapi itulah keuntungan bagi pemilik blog . Tapi menurut pemikiran saya, pengunjung juga dapat keuntungan yaitu ilmu . So kita sama-sama mendapatkan keuntungan.Pengunjung mendapatkan apa yang di cari dan untuk pemilik blog itu sendiri mendapatkan uang. Mari kita lanjutkan tentang topik . membatasi penampilan Pop Ads sebagai berikut 1. Munculnya Pop Ads sangat dibatasi , kemungkinan muncul Pop Ads pada blog , adalah 1 banding 20, Jadi Iklan Pop Ads akan tampilkan 1 kali dari tiap 20 kali impression. 2. Apabila sudah ada pengunjung yang disuguhi/terkena Pop Ads, maka pengunjung tersebut Tidak akan diberikan penampilan Pop Ads dari blog manapun  sampai dengan 1 jam kedepan. Catatan untuk ADVERTISER: 1.Iklan Pop Ads disukai oleh advertiser, karena iklan langs

Pengertian tentang popcash

Pengertian tentang Pop Cash Popcash adalah jaringan periklanan popup yang sangat sepesial. yang menggunakan model iklan CPM, CPC. Popcash adalah jaringan di mana Anda mendapatkan tarif CPM tinggi dan konten berkualitas tinggi didorong pop di bawah iklan yang dapat menghasilkan Anda CTR tinggi dan karenanya, pendapatan yang tinggi juga. Saya pribadi menggunakan jaringan ini pada salah satu website saya dan menemukan itu tenang memuaskan dan bahkan saya telah menerima beberapa pembayaran Popcash Fasilitas utama yang disediakan oleh Popcash adalah tarif CPM tinggi, popup berkualitas, menghitung semua klik yang dilakukan oleh pengunjung di mana beberapa jaringan hanya menghitung beberapa klik, staf dukungan khusus, program referral yang baik dan terbaik bagian itu menawarkan pembayaran cepat. Satu hal yang baik tentang jaringan iklan ini , ia menerima semua jenis website seperti web dewasa dan web  non-dewasa, situs lalu lintas rendah dll Meskipun menerima semua jenis situs teta

Popcash atau Popads ? Pilih yg mana ??

Kali ini Saya Mau menjelaskan sedikit tentang Perbedaan Pop Ads dengan Pop Cash!! Sebenarnya Pop Ads dengan Pop Cash sama aja dan digabung juga ga masalah kok...malah $$$ lebih joss... keduanya memiliki kelebihan n kekurangannya masing-masing... Berikut sedikit Perbedaan antara popcash dan popads: Pop Ads : Dari segi iklan, Iklan selalu muncul ketika Link dalam blog di klik Dari segi pembayaran, minimal PO nya adalah $5, bisa dicairkan di setiap hari atau pun mingguan secara otomatis, jika PO nya sudah mencapai angka maksimum Iklan lebih banyak (Iklan dewasa pun ada) Pop Cash : Dari segi iklan, hanya tampil satu kali per pengunjung/ per IP, kalau Ip nya berganti lagi maka iklannya akan kembali muncul dari segi Pembayaran, Minimal PO nya adalah $10, dilakukan dengan cara request jika Saldo sudah mencapai $10 Pilih Pop Ads atau Pop Cash ? Kalau untuk yang satu ini, kedua duanya adalah iklan pop ads terbaik (menurut saya) karena selama mengikuti program Pub